Tips; Cara merawat atau menyetel posisi karpet Treadmill

Banyak diantara kita yang memiliki alat olahraga khususnya treadmill, baik untuk tipe electric ataupun manual yang sering mengalami kerusakan pada cepatnya karpet tersebut rusak, entah karena terkikis, robek, ataupun menggulung.

image

Sebenarnya kerusakan tersebut diawali oleh kurangnya kita memahami atau mengerti cara menyetel ulang posisi karpet supaya center atau pas diposisi tengah. Selain karena rusak, kebanyakan pemakai treadmill kurang mengetahui cara perawatan sederhana seperti cara membersihkan atau memberikan lapisan silicon pada deks running area.

Disini saya akan berikan cara sederhana dan mudah sehingga anda tidak perlu memanggil teknisi atau tenaga ahli soal setting posisi karpet treadmill.

Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan,

1. Kunci “L”
2. Lap bersih
3. Pelumas Deks

Langkah-langkah yang mesti dilakukan,

1. Perhatikan posisi paling ujung belakang baik disisi kiri maupun kanan. Cari lobang cover roller, biasa disitu terdapat baut penyetel roller model “L”.

image

2. Masukan kunci “L” sesuai dengan ukuran baut. Biasa baut roller memiliki ukuran 6 – 8.

image

3. Kendurkan baut kiri dan kanan dengan kunci “L” , putaran melawan arah jarum jam. Ini berlaku jika anda ingin membersihkan deks. Jika anda hanya ingin menyetel posisi supaya center anda cukup mengencangkan baut.

4. Setelah kendur masukan lap dengan tangan anda disertai menarik karpet treadmill dan gosok papan deks treadmill.

image

5. Setelah bersih lalu oleskan pelumas deks atau silicon secara zigzag di sisi kiri dan sisi kanan.

6. Setelah dioles pelumas deks atau silicon, lalu kencangkan kembali baut kiri dan kanan dengan kunci “L” searah putaran jarum jam.

7. Setelah kencang, coba anda test berjalan diatas treadmill jika treadmill anda model manual, atau cukup nyalakan treadmill jika treadmill anda model electric.

8. Jika karpet masih geser ke arah kanan, maka kencangkan baut “L” sebelah kanan. Jika geser ke kiri maka kencangkan baut “L” sebelah kiri.

Selamat mencoba,

Buildgymfitness
+62-812-8143-5566
buildgymfitness@yahoo.co.id

Author: Buildgymfitness

Sole agent fitness equipment

4 thoughts on “Tips; Cara merawat atau menyetel posisi karpet Treadmill”

  1. penyetelan baut ini juga berlaku untuk treadmill electric yang bunyi “ngek ngek” tiap sambungan karpet ( running belt ) melewati roller bagian depan…

    Like

Leave a comment